Bagaimana Membuat Blog Yang Menarik?

maskolis
Ada fenomena baru yang terjadi saat ini, yaitu banyak orang mulai tertarik untuk membuat blog. Banyak blogger baru mulai mengekspresikan dirinya, yang umumnya merupakan blog curahan pribadi, namun ada juga beberapa yang serius menulis tema tertentu seperti Tutorial Blog, Motivasi, Teknologi, Game, dan lain-lain. Judul yang digunakan biasanya juga bersifat personal dan berusaha semenarik mungkin. Konten atau isi yang dibuatpun ada yang memperhatikan keakuratan data-data yang disampaikan, ada pula yang kurang memperhatikan, seperti kurang memperhatikan teknik SEO, backlink, PR dan yang lainnya. Tapi ada juga yang getol ingin memenangkannya di setiap tulisannya.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana membuat blog yang menarik. Tentu jawaban setiap orang bisa bermacam-macam. Apalagi tentang tema dan template blog. Pemilik blog yang masih baru seperti saya masih kebingungan tentang membuat blog yang bagus dan menentukan tema serta template blog. Untuk menjawab pertanyaan tentang membuat blog yang bagus itu harus bagaimana mungkin kita harus berangkat ke belakang untuk menjawab pertanyaan berikut. Apakah blog yang bagus menurut saya sudah bagus menurut orang lain atau apakah blog yang bagus menurut orang lain sudah bagus menurut saya? Jawaban untuk kedua pertanyaan di atas adalah belum tentu. Terkadang bagus menurut saya ternyata jelek di mata pembaca dan terkadang bagus menurut pembaca ternyata tidak bagus menurut saya karena bertentangan dengan idealisme saya akan tema dan isi blog. Kesimpulannya adalah, membuat blog yang bagus adalah blog yang sesuai dengan selera saya. Mengapa harus disesuaikan dengan selera sendiri. Saya pengen punya blog yang temanya tidak mengekang kreasi dan daya pikir. Saya tidak mau tema blog justru akan memenjarakan ide-ide lain yang ternyata berada di luar tema yang sudah ditetapkan pada awal membuat blog. Terkadang kepikiran juga untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca blog ini. Namun saya yakin semua ini akan berjalan seiring waktu dan proses yang membentuk blog untuk semakin bagus. Mungkin pembaca tidak merasakan sesuatu yang bermanfaat dari blog saya, tapi bisa jadi isi blog ini sangat memuaskan bagi saya dalam mengeluarkan segala aspirasi dalam bentuk tulisan.

Terus terang saya suka blogwalking ke blog lain atau menemukan blog melalui search engine google. Setelah melihat template dan membaca isi blog, biasanya secara otomatis akan terlontar penilaian khusus akan blog yang saya kunjungi. Secara sadar atau tidak, pasti ini juga akan kamu alami. Kadang saya malas berlama-lama berada pada blog tersebut dengan alasan tertentu pastinya. Dan tidak jarang pula saya mampu bertahan membaca isi blog yang saya kunjungi. Mengapa? Jawabannya hanya satu yaitu blog yang bagus dan blog yang tidak bagus. Tapi ini hanya menurut pandangan saya saja. Bisa jadi menurut pandangan si pemilik blog dan kamu akan berbeda pula. Tidak ada pijakan dan jawaban pasti tentang kriteria dan syarat membuat blog yang bagus. Setiap orang yang anda tanya tentang bagaimana cara membuat blog yang bagus tentu akan berbeda jawabannya dan mungkin beberapa jawaban akan sama. Nah, saya hanya berbagi pengalaman saja dan bukan berarti saya sudah berpengalaman. Seperti yang saya katakan, saya juga masih baru mulai ngeblog. Oya, artikel ini saya buat karena saya menemukan beberapa pertanyaan yang hampir mirip di  facebook, inbox email dan perbincangan sehari-hari dengan beberapa teman. Jadi ada baiknya saya tuliskan di sini saja. Mohon maaf karena tulisan ini sangat panjang dan bertele-tele karena memang gaya penulisan saya terbiasa seperti ini yang suka menulis panjang-panjang.

Setelah kita melewati tahap awal selanjutnya ada pertanyaan baru lagi yang muncul, apa sih yang memuaskan saya dalam ngeblog? Apakah karena melalui blog, saya dapat menumpahkan segala aspirasi pikiran dan ide dalam bentuk tulisan? Ataukah saya merasa puas jika isi blog memberikan manfaat bagi pengunjung dan pembaca blog. Jika Anda memang menulis dengan mempertimbangkan faktor pembaca blog, tentu anda akan dipaksa berpikir keras tentang tema, isi dan template blog yang bagaimana yang mereka suka dan butuhkan. Saya cuma mau bilang, jangan sampai anda terbebani oleh tema, isi dan template blog yang memuaskan pembaca. Kecuali anda memang sudah sangat berpengalaman dan ahli (expert) sebagai seorang penulis. Jika memang harus memikirkan pengunjung, bagaimana caranya agar pengunjung bisa berlama-lama dan betah berada di blog anda. Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya sekedar wacana dan brain storming bagi saya dan anda yang masih baru dalam dunia blog. Baiklah karena tulisan ini sudah terlalu panjang, maka saya cukupkan disini dulu, untuk teknik bagaimana membuat blog yang menarik bisa anda baca disini.