Cara Membuat Blog Yang Menarik

Tulisan ini sebenarnya terusan dari artikel sebelumnya mengenai bagaimana membuat blog yang menarik, karena artikel pertama sudah terlalu panjang. Saya kawatir jika temen-temen dan pembaca menjadi bosan, kali ini saya akan mencoba membahasnya secara detail disini. Saya bingung tulisan ini mau dikasih gambar apa enggak ya, karena tulisannya saja sudah sangat panjang, tapi biarlah untuk sekedar pemanis silahkan anda menikmati gambar yang saya pasang asal-asalan ini. Baiklah saya nggak akan berpanjang lebar lagi berikut adalah cara membuat blog yang menarik :
  1. Jangan terlalu banyak memasang aksesoris blog
    Terkadang ketika saya browsing ke berbagai situs menemukan beberapa blog yang sangat "cantik dan manis". Blog dilengkapi dengan berbagai fitur aksesoris seperti banner animasi dan flash, pemasangan kalender, jam, ip addres checker, aplikasi pemutar musik dan video, iklan bertebaran dimana-mana, kebanyakan photo serta aksesoris lain yang tidak ada hubungannya dengan tema blog. Saya disini cuma mau bilang selain membuat loading blog menjadi berat, blog akan kelihatan seperti pasar tradisional, terlalu ramai dan ribet. Ingat, tidak semua pengunjung blog punya akses internet yang cepat, coba anda berpikir tentang ini. Saya sendiri punya akses internet yang terbilang lambat bin lemot. Saya juga nggak mau merasa seperti dimata-matai dengan aksesoris status IP pengunjug (ip addres checker). Emang saya maling apa? Jam dan kalender sudah ada koq di taskbar windows komputer. Mau dengar lagu dari winamp juga sudah ada di komputer saya. Ingatlah, widget pemutar musik dan video akan sangat memberatkan loading blog. Kalau saya menemukan blog yang loading halamannya berat dan kebanyakan iklan serta aksesoris berlebihan yang tidak sesuai dengan tema blog, biasanya langsung saya tutup dan say good bye and never comeback. Namun jika aksesoris tersebut dapat memuaskan diri anda, silahkan saja dipasang, toh itu juga blog anda dan tidak ada yang melarang. Sebagai bahan pembanding saya berikan satu contoh. Coba perhatikan beberapa blog yang sudah terkenal di Indonesia. Mereka memberikan tutorial tentang cara pasang aksesoris pada blog. Tapi mereka sendiri tidak memasang aksesoris tersebut pada blognya. Kenapa? Jawabannya agar tidak keberatan dan blog bisa tampil prima. Blog yang terkenal ini lebih mengutamakan isi yang berkualitas. Bahasa kerennya, content is the king dan aksesoris bisa disesuaikan belakangan.

  2. Isi blog bermanfaat bagi pemilik dan pengunjung blog
    Pada mulanya blog hanya sebatas sebagai live journal. Namun saat ini, sudah banyak orang yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tambahan bagi dirinya. Blog yang bermanfaat adalah blog yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan dari pengunjung. Maksud pertanyaan di sini adalah, pengunjung bertanya pada mesin cari seperti google dan yahoo yang mengantarkannya ke blog anda. Pengunjung tentunya mencari sesuatu yang bermanfaat baginya. Jika dia tidak menemukan jawaban atas pertanyaannya pada blog tersebut, maka dia akan mencari jawaban ke blog lainnya atau situs web lain. Bukan berarti blog anda tidak bagus, namun pasti ada pengunjung lain yang datang dengan pertanyaan yang berbeda dan menemukan jawabannya pada blog anda. Bisa jadi saya mengatakan blog anda bagus karena saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya dan orang lain mengatakan blog anda tidak bagus karena dia tidak menemukan jawaban atas pertanyaannya. Orang yang sudah terkenal, katakan saja seorang selebritis yang memiliki blog akan tetap ramai dikunjungi. Bisa jadi karena isinya berkualitaas dan bermanfaat bagi pembacanya. Saya menilai, bagus tidaknya isi blog selebritis bukanlah faktor utama yang menjadikannya banyak dikunjungi. Namun tidak lebih dari keinginan para fans yang selalu ingin tahu aktivitas dan apa saja yang terjadi pada selebritis tersebut. Blog seorang politikus dan publik figur akan ramai dikunjungi karena setiap tulisannya bisa jadi adalah berupa kebijakan yang menentukan nasib bangsa. Jadi, semuanya tergantung kebutuhan si pengunjung blog. saya butuh informasi dari anda maka saya datang berkunjung. Saya tidak memerlukan informasi dari anda maka saya merasa tidak perlu membaca artikel anda. Inilah fakta tentang bermanfaat atau tidaknya isi blog bagi pengunjung.

  3. Penggunaan tata bahasa dan gambar
    Gunakan tata bahasa dengan tanda baca dan penulisan yang baku, dapat dimengerti oleh pengunjung yang beragam. Tapi ini hanya saran saja. Banyak koq blog yang menggunakan bahasa sesuka hati menurut selera pemilik blog. Jika itu merupakan kepuasan tersendiri bagi pemilik blog, maka tidak bisa disalahkan juga. Seperti saya bilang tadi, blog tersebut adalah miliknya. Namun bagaimana dengan nasib saya sebagai pengunjung? Tentu saya akan merasa kebingungan dengan gaya bahasa tersebut. Barangkali blog tersebut tidak cocok untuk anda, tinggalkan saja. Jangan terbebani dengan memaksakan diri untuk mengikuti gaya bahasa penulis blog. Mungkin beberapa suka dan ada juga yang nggak suka. Terserah anda ajalah. Penggunaan gambar yang berlebihan berakibat fatal pada loading halaman yang semakin lambat. Boleh menggunakan gambar pada posting, karena gambar akan mempercantik dan menarik pandangan pengunjung yang membaca isi artikel posting. Namun patut dipikirkan kecepatan akses internet semua orang tidaklah sama. Ada yang cepat dan ada yang lambat seperti akses internet yang saya pakai saat ini sangat lambat.

  4. Lebih sedikit menggunakan kode script
    Baiklah disini saya tidak akan memuji blog saya sendiri, blog ini sudah bagus menurut saya dan menurut pengunjung blog saya berdasarkan survey yang telah saya lakukan. Juri lainnya yang menilai apakah blog saya bagus atau tidak adalah search engine. Jangan sepelekan variabel ini. Sebisa mungkin blog anda  juga harus disukai mesin cari seperti google. Nah, blog yang bagus di mata search engine harus bagaimana? Jangan gunakan widget dengan script dan java script yang tidak disenangi mesin cari seperti google. Anda boleh saja menggunakannya, tapi sebisa mungkin diirit dan dihemat.

  5. Jangan Menipu Search Engine
    Tidak sedikit saya menemukan blog yang berusaha menipu search engine. Dalam beberapa kasus saya melihat ada blog yang menggunakan script meta refresh tag yang salah kaprah. Waktu refresh disetting terlalu cepat. Kejadian ini saya temui ketika mengunjungi alamat url tertentu tiba-tiba secara otomatis saya dipindahkan ke url lain, bikin males. Google tidak suka penggunaan meta refresh tag pada blog. Penipuan lainnya adalah membuat warna teks yang mirip dengan warna latar belakang teks. Berusaha menjadikan semua teks seperti keyword, inilah harapan dari si pemilik blog. Justru mesin cari sekarang semakin pintar mengetahui dan menghadapi ulah blog yang demikian. Dan usaha penipuan search engine ini akan dibalas oleh google dengan tidak mengindex isi blog pada mesin cari.

  6. Jangan gunakan popup otomatis
    Pernah ngaak ketika anda mengunjungi blog dan mengklik satu link, tiba-tiba saja tampil satu atau bahkan sampai tiga jendela baru yang berisi iklan-iklan tertentu. Bagi saya, ini sangat mengganggu kenyamanan dan menjengkelkan. Ada pemilik blog tertentu yang sengaja membuat setting pop up otomatis untuk meningkatkan click popularity dan klik iklan otomatis. Kalau yang ini, saya ga bisa terima. Langsung tutup saja dan never comeback.

  7. Utamakan content blog yang original
    Menulis memerlukan ide dan sumber inspirasi, begitu juga jika kita nulis di blog. Seorang ahli (expert) akan sangat mudah menuiskan apa saja di blognya karena karya tulisan tersebut asli dari buah pikiran penulis dengan pengalaman yang sudah segudang. Bagaimana jika saya tidak memiliki keduanya? Jika anda ingin menulis namun sedang kehabisan ide, anda bisa copas artikel blog lain atau dari sumber bacaan lain. Jika terpaksa harus copy paste, maka saran saya tuliskanlah itu dengan gaya bahasamu sendiri. Usahakan paragraf pertama dan paragraf akhir dibuat berbeda. Sertakan link sumber artikel. Menyertakan link sumber artikel tidak akan menurunkan pamor anda sebagai penulis blog.

  8. Navigasi blog yang user friendly
    Navigasi adalah petunjuk dan arah jalan yang ada pada blog. Navigasi yang baik akan membantu pengunjung untuk mengeksplore semua isi blog. Tampilkan menu daftar isi, kategori topik bahasan blog atau disebut label posting, tampilkan kotak pencarian. Jika anda terbiasa untuk menuliskan artikel yang sangat panjang, maka menambahkan link read more sangat penting untuk blog agar isi blog tidak terlalu panjang pada halaman utama. Jika tertarik, anda bisa baca cara membuat read more. Google translate juga penting ditambahkan untuk sewaktu-waktu jika ada pengunjung yang tidak mengerti bahasa Indonesia, namun tertarik membaca blogmu. Fasilitas lainnya yang melibatkan hubungan pemilik blog dan pengunjung adalah seperti kotak komentar dan tagboard atau shoutbox tempat meninggalkan pesan singkat. Pengunjung akan mudah meninggalkan pesan dan tahu ke mana harus menghubungi anda. Tapi ini juga tergantung pemilik blog. Ambil bagian mana saja yang anda rasa cocok dengan style blogmu.
Diatas tadi adalah beberapa teknik bagaimana membuat sebuah blog lebih menarik. sebenernya masih banyak faktor lain yang membuat menarik tidaknya suatu blog. Andalah yang menentukan bagaimana membuat blog yang menarik, terserah anda. Sebagai catatan, tidak harus mengikuti semua persyaratan di atas, ambillah mana saja yang dirasa bermanfaat dan sesuai dengan selera. Saya hanya sebagai tamu yang berkunjung ke blog anda. Search engine sebagai media yang merekomendasikan blog anda untuk saya kunjungi. Semoga saja search engine jatuh cinta pada blog yang anda buat.

Demikian tadi ulasan yang panjang banget mengenai cara membuat blog yang menarik, tulisan ini hanya sekedar ungkapan tentang blog yang bagus menurut Creating Website. Jika ada di antara temen-temen yang merasa tidak berkenan akan tulisan ini atau mungkin merasa tergugah, mohon dimaafkan. Mungkin anda punya ide lain atau ingin menanggapi, silahkan saja. Atau anda justru merasa sangat bosan membaca tulisan yang panjangnya sampai 20 kilometer ini? Silahkan memberikan penilaian masing-masing. Saya sangat mengharapkan masukan dari teman-teman tentang membuat blog yang bagus. Semoga bermanfaat dan happy weekend untuk semua.

Somprettttt .............. panjang banget artikelnya