Pengalaman Blokwalking Bersama Temen-Temen Blogger Lain

Satu minggu penuh saya jalan dan lari untuk sekedar Blogwalking (mengunjungi blog) di komunitas blogger Indonesia. Semua ini saya lakukan bukan hanya sekedar promosi blog, lha apa yang mau dipromosikan? Blog ini aja hancur gini, putih polos tak berdosa dengan konten yang nggak berkualitas. Jadi sekali lagi ditegaskan, saya blog walking bukan hanya sekedar promosi, namun... lebih tepatnya untuk belajar teknik blogging yang benar dan wajar. Secara tak sengaja kutemukan dari situs http://blogs.indonesiamatters.com/ yang mengulas tentang 100 blog terbaik Indonesia di bulan Maret 2009 versi mereka. Sebenarnya masih ada beberapa beberapa situs lain yang yang mengulas hal yang sama. Tapi karena kebetulan dia yang pertama dapet, ya sudah, sayapun ikut acuan mereka aja (untuk saat ini). Ada sih, beberapa metode lain untuk melihat peringkat suatu situs atau blog di internet. Tapi semakin banyak parameter, nanti malah semakin capek untuk dikelola.

Blokwalking adalah salah satu cara promosi blog. Beberapa diantaranya sudah kuterapkan. Untuk lebih jelasnya tentang cara promosi blog yang benar dan sopan dan beretika, dapat anda baca dan cari di search engine. Kalau kutuliskan satu persatu ntar malah kebanyakan. Tapi Anda bisa mengacu pada salah satu dari beberapa blog favorit ku di http://www.o-om.com. Disana O-om menuliskan secara rinci dan jelas cara berpromosi blog yang baik, sopan dan beretika.

Blogwalking memang sangat melelahkan, tapi meskipun begitu banyak sekali ilmu dan manfaat yang kita dapatkan dari mengunjungi blog orang lain. Sungguh bermancam-macam, ada yang mengulas masalah politik, masalah kritik sosial (topik yang saya suka), masalah perekonomian, komik, komputer dan software, puisi, catatan harian selebritis Indonesia, kumpulan cerita-cerita lucu, budaya, musik, sampai aku ketemu blognya Masdoyok (idola saya ini..!) dan ada pula blog yang mengaku sebagai menteri desain Indonesia dan lain-lain. Aneh-aneh aja dunia blog Indonesia ini. Tapi membuat blog ini memang yang penting kontennya, yang mampu memberikan sesuatu yang unik dan berkualitas, bila perlu tulisan yang kontroversial biar dibaca sama orang lain.

Satu hal yang aku suka dari blog mereka, konten yang ditulis sangat menarik sehingga bisa berlama-lama untuk membacanya. Oya, sekedar promosi (tapi bukan promosi blogku), bagi temen-temen yang mau belajar blogging, aku merekomendasikan agar Anda mengunjungi blognya O-om di http://www.o-om.com Disana O-om sudah mengulas secara rinci dan detail tentang blogspot dan wordpress. Anda juga bisa belajar dari blognya Kang Rohman di http://kolom-tutorial.blogspot.com Mereka berdua itu sodaraan koq. Nah kalau mau belajar sama Maskolis juga bisa, nggak masalah. Selama saya masih bisa membantu akan saya usahakan sebaik mungkin dan dengan senang hati yang pasti..

Oya, beberapa blogger pemula seperti diriku juga ada yang blogwalking. He he he.. ternyata saya nggak sendirian, ada kawan lho, seperti blogger senior Om Antena Sexy, abgteror dari Malaysia, Soulschizo... (susah bener namanya), Lora Malunk, Mas Cahya, Sidedy (yang agak gila hehehehe...), Mas GhieLank (Doraemon lover), Lulus Gita, dsb dsb. Namun tidak sedikit yang hanya sekedar numpang tampang dengan memberi komentar. Maksudnya, memberi komentar yang  basa-basi (menurut pandanganku, maap ya), masa ngasih komentar nggak kena ke topiknya. Cuma nulis "hai, follow, apa kabar, salam kenal, selamat pagi, kunjungi blog saya ya.. cari uang disini" Aneh kan..?! Jawab sendirilah. Tapi tetap lebih banyak yang ngasih komentar yang bermutu dan berkualitas sesuai topik yang dituliskan. Berkualitas dalam artian ya enggak mesti serius sih, nanti juga terlalu serius malah jadi kaku (nggak friendly bahasa gaulnya).

Saya aja dulu mati-matian untuk membaca topik yang diulas,  dianalisa dulu baru kemudian kasih komen. Mau yang bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, semuanya saya baca dan pahami dulu. Terus kasih komen jika ada yang menarik. Ada juga beberapa blog yang saya menyerah nggak bisa kasih komen karena topiknya nggak mengerti sama sekali (benar-benar nggak ngerti). Jadinya ya cuma liat-liat aja dan mencari topik lain yang ada di blognya yang masih bisa dimengerti. Artinya, saya nggak selalu memberikan komen pada artikel terbaru mereka.

Jujur aja, saya nggak berharap banyak mereka mau untuk mengunjungi blog saya yang tidak berkualitas ini. Dikunjungi ya syukur, enggak juga no problem. Yang pasti saya dapat ilmu yang banyak dengan mengunjungi 100 blog terbaik tadi. Mungkin ini bisa jadi ajang pembelajaran buat blogger pemula lainnya seperti saya. Semoga bermanfaat bagi temen-temen dan jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya