Haruskah Membuat Blog Menghasilkan Uang?

Selamat malam mas-mas dan mbak-mbak semua gimana kabarnya? Semoga baik-baik aja dan sehat semua ya. Baiklah, saya hari ini mau curhat, sehabis menjalani hari yang sangat panas dan menjengkelkan ini. Dari pertama saya membuat blog, saya punya satu pertanyaan, haruskah blog menghasilkan uang? Haruskah menghasilkan uang dari blog atau bahasa kerennya monetize your blog (jadikan blog anda sebagai sumber penghasilan tambahan). Sudah sering kali saya main ke blog temen-temen di komunitas blogger Indonesia. Dari hasil kunjungan sayakesana, ternyata hampir semua (96%, maaf saya bukan ahli statistik) blognya telah dipasangi banner-banner iklan baik yang dalam negeri maupun luar negeri. Terus, template blognya juga bagus-bagus, sangat eye catching dan menggoda untuk di klik.

Saya terus bingung, mau diapain blog ini ya? Apakah harus kumasukkan banner-banner iklanku di sini dengan iklan PPC, PTS, PTC, Program Affiliasi? Mungkin temen-temen  blogger punya saran? Di satu sisi, blog ini begitu mulus dan putihnya tanpa embel-embel yang menggiurkan pengunjung yang datang. Masih bingung juga neh. Template juga masih basic dengan sedikit modifikasi. Sebenarnya sih bisa milih template yang lebih wah dengan animasi-animasi dan widget tambahan di dalamnya dan mungkin memodifikasikannya lagi. Tapi apakah harus begitu?

Sudah banyak program pencari uang yang kuikuti di internet, namun sampai saat ini aku belum suka promosi ataupun cari refferal ke pengunjung dan teman-teman pemula. Maaf, dalam hal ini saya katakan pemula karena mungkin mereka (sok banget ya) belum mengerti betul prinsip mendasar cari uang dari internet yang kebanyakan berbasiskan refferal. Pengen sih punya blog yang mencampurkan penawaran bisnis dari internet dan juga memasukkan artikel-artikel tutorial blog dan artikel pribadi (opini pribadi) baik itu opini politik, sosial dan olahraga, atau mungkin juga kuliner dan tourism.

Khusus untuk tutorial blog sendiri, sudah sangat banyak ditulis oleh blogger pendahulu (webmaster) dan tinggal dipraktekin saja. Apakah saya harus menuliskan tutorial blog dan cara mudah belajar blog disini? Seberapa urgent dan pentingnya kah blog bagi penduduk Indonesia, sehingga mereka memang harus belajar membuat blog baik personal maupun blog bisnis. Belum tahu juga, masih bimbang kawan. Apakah aku harus menulis tutorial program bisinis internet lengkap dengan screenshoot-nya. Atau harus bagaimana ya. Mohon dibantu dan diberi pencerahan. 

Tulisan diatas tadi hanya sekedar uneg-uneg saya pada hari ini, karena hari ini sangat panas dan membosankan. Sehabis jalan-jalan kemudian lihat blog, yah lama-kelamaan bosen juga sih nulis ini nulis itu. Paling juga semua artikel sudah ada semua di internet cuma mungkin kata-katanya saja yang berbeda. Kayaknya cukup segitu dulu yah kawan, tolong dibantu ya...