Pengumuman untuk Pengguna Template (Lagi)

Sebelumnya saya ucapkan selamat Idul Fitri 1433 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin bagi teman-teman blogger yang merayakan. Kesibukan menjelang dan sesudah lebaran membuat aktivitas blogging saya jadi mandeg, tradisi Lebaran di Indonesia memang menyita waktu, meskipun saya bukan termasuk aktivis mudik tapi gara-gara banyak orang mudik saya pun ikut super sibuk, entah itu kegiatan Halal Bihalal antar keluarga, silaturrahmi ketemu teman-teman waktu sekolah dulu, sungguh "mengharuskan" kita untuk sedikit meluangkan waktu bagi mereka.

google code banned maskolis

5 hari menjelang Lebaran saya sudah tidak aktif lagi nge-blog, baru dua hari kemarin saya mencoba untuk membuka blog ini dan ternyata dari 150-an komentar yang masuk banyak yang mengatakan bahwa semua javascript yang saya pasang pada template buatan saya sudah tidak bisa dipakai lagi. Ya bener, ini untuk ketiga kalinya Akun Google Code tempat penyimpanan semua Javascript  saya kena Banned sama empunya, entah apa sebabnya sampai sekarang saya tidak tahu. Lebih parah lagi bukan cuma satu, tapi semua akun Google Code, termasuk akun yang baru saya buat, jika ada di antara teman-teman blogger yang pernah mengalami nasib serupa dan bisa mengatasinya saya sangat berterima kasih sekali jika Anda mau berbagi disini, meskipun paling tidak hanya mengetahui sebab kenapa akun Google Code di-banned. Kalau memang menyalahi aturan, aturan seperti apa yang sudah dilanggar sehingga sebuah akun kena blokir berkali-kali.

Dan kembali saya tegaskan disini, semua itu bukan karena faktor kesengajaan, saya sendiripun juga tidak mengharapkan akun saya kena banned. Karena di samping merugikan para pengguna template, juga membuat saya mesti kerja ulang untuk kembali menyimpan semua javascript tersebut pada akun Google Code yang baru..... somprett nggak sih!!!. Dan kali ini untuk kedua kalinya, saya sengaja menulis artikel ini untuk memberitahukan kepada teman-teman blogger pengguna template buatan saya, pertama saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini, kedua, semua javascript yang saya simpan pada akun Google Code yang kena banned sudah saya pindah ke akun yang baru. Jadi silahkan Anda download ulang template yang Anda pakai, atau langsung menuju ke artikel template yang Anda pakai, disitu sudah ada sub judul "Update Templates" (warna merah) di bagian bawah artikel. Jika anda sudah terlanjur memodifikasi template, Anda tinggal ganti URL javascript yang sudah saya update-an terbaru.

Sebagai informasi tambahan, semua javascript yang sudah saya pindah ke akun baru memang masih menggunakan Google Code sebagai hosting, bedanya kali ini saya menggunakan sistem penyimpanan Subversion dengan bantuan software TortoiseSVN sebagai mediasi. Ya banyak yang bilang sistem ini lebih aman karena semua data file yang kita simpan di Google Code terintegrasi melalui TortoiseSVN, sehingga jika Google Code nya kena banned, file yang disimpan masih bisa digunakan. Untuk pengertian subversion sendiri, dan bagaimana subversioning file ke Google Code nanti akan saya bahas pada artikel yang lain. Tapi jika Anda ingin lebih aman lagi dalam menggunakan Javascript, Anda bisa simpan sendiri semua javascript  pada template yang anda pakai di tempat penyimpanan Google Code anda sendiri, bagi yang belum mengetahui cara membuat akun di Google Code dan bagaimana cara menyimpan sebuah file di Google Code, silahkan baca artikel ini.

Demikain tadi pemberitahuhan kali kedua bagi teman-teman blogger pengguna template dari Creating Website. Mohon dimaklumi, saya sendiri tidak menginginkan hal seperti ini terjadi, semua di luar kehendak saya. Jika Anda ingin mengganti URL script yang mati, silahkan langsung menuju ke artikel template yang Anda pakai. Dan terakhir saya mohon maaf belum bisa menjawab semua pertanyaan yang masuk di blog ini maupun di blog Mas Template, karena masih agak sibuk dengan suasana Lebaran. Maaf saya tidak bisa berlama-lama di depan komputer soalnya masih ada "acara" Lebaran lagi yang menunggu. Selamat menikmati liburan dan semoga bermanfaat

Woooyyy... Mbah Google kasih alasan dong kalau mau nge-banned.... somprettt