Kebenaran Dibalik Sebuah Berita

Sangat banyak rahasia besar yang semestinya diketahui oleh khalayak ramai, kalau memang diperlukan kebenaran-kebenaran mengenai informasi di belakang berita-berita yang dimuat oleh media massa. Tetapi kita hidup di suatu jaman dimana cahaya kebenaran seringkali judtru berada di dalam kegelapan. Bahasa gampangnya : informasi yang sesungguhnya tidak mungkin diinformasikan. Maka setiap orang, terutama yang tidak berkuasa, harus selalu menyiapkan dua hal, yaitu :

Pertama

Jika anda adalah konsumen berita, siapkan kecerdasan ekstra untuk menghitung apa yang sebenarnya terjadi di balik berita-berita yang sudah sangat dibatasi, baik dibatasi oleh iklim kekuasaan, maupun dibatasi oleh para pembuatnya sendiri.

Kedua

Jika kebetulan anda menjadi sumber berita dan anda tergolong bukan orang berkuasa melainkan pihak yang media massa tidak takut apapun terhadap anda - maka siapkan kesabaran dan keihklasan ekstra untuk disalahpahami oleh seluruh penduduk negeri ini, tanpa impian atau harapan akan ada hari dimana kesalahpahaman itu bisa dibenahi.