Daftar Penyedia Domain Gratis

Tidak sedikit orang yang ingin memiliki blog tapi tidak mau mengeluarkan uang walau hanya untuk sekedar membeli domain sekalipun. Nah, kalau hal ini yang menjadi penyebab utama Anda sehingga Anda hingga kini belum mempunyai blog, maka penyedia domain gratis berikut ini bisa dijadikan alternatif untuk Anda. Selain nama domain lebih singkat, juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik layaknya domain berbayar, seperti Manage DNS, CName, dan lain sebagainya :
  • Co.Cc
    Siapa yang tidak tahu keberadaan provider domain gratis yang satu ini. Hampir dapat dipastikan setiap blogger menggunakan domain gratis Co.Cc sebelum akhirnya mereka memutuskan membeli domain berbayar karena, selain gratis, juga Co.Cc memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan domain berbayar.
  • Cz.Cc
    Mungkin penyedia domain gratis Cz.Cc ini masih asing bagi sebagian orang. Tapi yakinlah, provider ini juga memiliki fitur yang tidak kalah menarik dibanding Co.Cc, seperti Manage DNS, Zone Record, dan lain sebagainya, bisa juga Anda nikmati tanpa harus merogoh kocek.
  • Co.Tv
    Fitur yang ditawarkan oleh provider domain gratis yang ini tidak kalah dengan kedua penyedia domain gratis yang telah saya sebutkan diatas. Turut serta didalamnya fitur-fitur penting, seperti CNAME, Zone Record, dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan domain gratis ini untuk digunakan di Blogger/ Blogspot atau WordPress.
  • Uni.Cc
    Saya mempunyai kenangan indah bersama Uni.Cc. Kala itu saya sedang belajar bahasa pemrograman PHP dan belum menjadi seorang blogger seperti sekarang. Seingat saya, fiturnya pun lumayan menarik. Namun sayangnya saya tidak dapat menyebutkannya satu persatu, sebab saat saya coba membukanya, ternyata pihaknya saat ini sedang melakukan perbaikan.
Nah, setelah Anda memiliki domain sendiri, meski pun domain gratis, maka Anda hanya perlu mencari provider hosting, baik yang gratis mau pun yang berbayar. Namun, jika memang Anda serius, sebaiknya Anda menggunakan hosting berbayar. Meski pun tidak menjamin, namun hosting berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap. Untuk hosting gratis, saya sarankan agar Anda menggunakan Free Hostia, sedangkan untuk hosting berbayar di Indonesia, pilih saja Rumah Web. Severnya lebih stabil dan harganya pun lebih terjangkau.